Jokowi Berikan Instruksi Terkait Gempa dan Tsunami Sulawesi Tengah dan Sekitarnya

Jokowi-Berikan-Instruksi-Terkait-Gempa-dan-Tsunami-Sulawesi-Tengah-dan-Sekitarnya

Jokowi-Berikan-Instruksi-Terkait-Gempa-dan-Tsunami-Sulawesi-Tengah-dan-Sekitarnya

Hariannusantara.comTerkait dengan gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018) petang, Presiden Joko Widodo mengeluarkan perintahnya kepada Wiranto selaku Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan untuk segera mengkoordinasikan upaya tanggap darurat penangan bencana tersebut.

“Saya telah perintahkan Menkopolhukam untuk mengoordinasikan BNPB. Saya sudah telepon tadi ke panglima TNI untuk bersama-sama menangani, terutama yang berkaitan dengan penanganan darurat baik pencarian korban, evakuasi, dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan,” kata Jokowi di kediamannya di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/9/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga menginformasikan jika para jajarannya tengah dalam perjalanan menuju lokasi terdampak bencana. Jokowi berharap pada hari Sabtu (29/9/2018) sudah bisa mendapatkan informasi detail mengenai kondisi di lapangan.

“Tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Kepala BNPB meskipun informasi itu belum semuanya ada karena memang sulit untuk telepon ke sana. Tadi saya mencoba menghubungi gubernur sejak sore tadi juga tidak bisa sambung karena memang kelihatannya komunikasi terganggu,” ungkap Jokowi.

Loading...

Orang nomor 1 di Indonesia tersebut juga mengucapkan rasa duka citanya atas bencana gempa dan tsunami yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Donggala, Kota Palu dan sekitarnya. Hingga saat ini, Presiden Jokowi masih memantau perkembangan terkini didaerah dampak bencana tersebut.

“Setiap menit, setiap jam, saya selalu mengikuti peristiwa yang terjadi dari sini. Saya berharap setelah mendapat penjelasan secara penuh baru menentukan rencana,” kata Jokowi saat ditanya apakah akan berkunjung ke Sulteng.

Jokowi juga menghimbau untuk masyarakat Sulteng agar tetap tenang namun juga tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan. Bapak Presiden berharap musibah ini bisa dilalui dan diselesaikan bersama.

Baca juga:
– Media Asing Turut Soroti Gempa Dan Tsunami di Sulawesi Tengah
– Donggala Diguncang Gempa 7,7 SR, Ternyata Ini Penyebabnya!

“Seluruh masyarakat terutama yang berada di Donggala, Palu, dan sekitarnya agar tetap tenang tetapi juga tetap waspada. Kita berharap ini segera bisa diselesaikan bersama-sama,” tutur Presiden Jokowi.