Menilik Serunya Festival Pesona Tanjung Lesung Di Pandeglang Banten

Menilik-Serunya-Festival-Pesona-Tanjung-Lesung-Di-Pandeglang-Banten

Menilik-Serunya-Festival-Pesona-Tanjung-Lesung-Di-Pandeglang-Banten

Hariannusantara.com Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata telah meresmikan Kampung Wisata Cikadu, Pandeglang, Banten pada Jumat (28/9/2018) lalu. Setelahnya, Festival Pesona Tanjung Lesung pun resmi digelar. Acara tersebut akan berlangsung dari tanggal 28 hingga 30 September 2018 kemarin.

“Pemerintah Indonesia begitu mendukung event kebanggaan masyarakat Banten, Festival Pesona Tanjung Lesung dengan kembali memasukkan acara ini dalam kalender 100 event pariwisata nasional,” kata Arief dalam keterangan tertulis, seperti yang dikutip dari KompasTravel.

Arief Yahya juga menjelaskan jika bersamaan dengan diadakannya festival ini, diresmikan pula Pasar Digital bernama Pasar Berbatik Cikadu. Pasar tersebut merupakan salah satu dari 12 pasar digital yang selalu dipromosikan Genpi di media sosial.

Festival Tanjung Lesung tersebut akan terdiri dari beberapa rangkain acara, yang agenda utamanya yaitu kejuaraan terbuka triathlon lintas alam pertama di Indonesia, Rhino Cross Triathlon dan Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM). Selain kejuaraan terbuka tersebut, pengunjung juga bisa melihat beragam pertunjukan seni budaya, seperti Pasar Batik Cikadu dan Festival Kolecer yang dilaksanakan di Cipanon.

Loading...

Festival Pesona Tanjung Lesung yang sudah dilakukan sejak 4 tahun lalu ini diharapkan akan semakin memperkenalkan ciri khas dari berbagai daerah. Saat ini, festival tersebut dihelat di Cikadu dan Cipanon sebagai kampung wisata yang berlokasi dekat dengan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung sebagai buffer zone (zona penyangga). Pada gelaran Pembukaan Festival Pesona Tanjung Lesung, Kawasan Ekonomi Khusus Pariwiata Tanjung Lesung dan Perum DAMRI telah menandatangani Nota Kesepahaman (MOU) untuk Pengembangan Fasilitas Akomodasi Hotel Bus.

“Dalam kaitan pengembangan, Pemerintah Banten dengan dukungan Pemerintah Pusat mengupayakan reaktifikasi jalur kereta Malimping – Labuan, jalan tol Serang – Panimbang dan Bandar Udara,” kata Andika Azrumy, Wakil Gubernur Provinsi Banten.

Baca juga:
– Menengok Meriahnya Festival Lawang Kota Tua Malang
– Festival Hari Yoga Internasional 2018 Digelar Di Candi Prambanan Juni Mendatang

Selain itu, wilayah Cikadu Pandeglang juga tengah melakukan pengembangan jalan lingkungan dan drainase serta revitalisasi keraton Kesultanan Banten untuk wisata religi.