Pemerintah Buka Jalur Khusus Jadi PNS Tanpa Tes CPNS

Hariannusantara.comPemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara atau Kementerian PANRB membuka jalur khusus bagi pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari para peraih medali di ajang Asian Games 2018. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Setiawan Wangsaatmadja mengatakan jalur khusus ini merupakan komitmen dari pemerintah sesuai kebijakan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

“Bagi para peraih medali Asian Games 2018, bagi para atlet yang tertarik mereka kami tawari jadi pengawai negeri sipil,” kata Setiawan belum lama ini.

Hari ini pemerintah lewat Kementerian PANRB resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran CPNS 2018. Adapun kebutuhan CPNS secara nasional mencapai angka 238.015 formasi. Jumlah ini yang terdiri dari 51.271 untuk instansi pusat yakni kementerian atau lembaga dan sebanyak 186.744 untuk instansi daerah.

Adapun pemerintah sendiri mengestimasikan pendaftaran akan dibuka pada 16-20 September 2018. Saat ini pembukaan pendaftaran masih menunggu kesiapan dari 25-26 pemerintah daerah. Seluruh formasi tersebut nantinya dibuka untuk 76 kementerian atau lembaga dan 525 pemerintah daerah. Setiawan mengatakan saat ini Kementerian tengah melakukan pemetaan siapa saja dan di posisi mana saja yang bisa diisi dari jalur khusus peraih medali atau para atlet tersebut.

Loading...

Baca juga:
– Tahun Ini Tidak Ada Rekrutmen CPNS Bagi Honorer K2
– Dibuka 16-20 September, Begini Cara Daftar CPNS 2018!

Selain itu, para atlet tersebut juga harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan bagi para pendaftar terutama mengenai adanya batasan usia. Hal ini, lanjut Setiawan, dilakukan untuk melihat kompetensi dari masing-masing atlet yang tertarik supaya bisa sesuai dengan posisi yang ada. Melalui hal ini, diharapkan penempatan posisi tersebut bisa lebih optimal.