Penyebab Bau Hangus Saat Mesin Mobil Baru Dinyalakan

Penyebab Bau Hangus Saat Mesin Mobil Baru Dinyalakan

Penyebab Bau Hangus Saat Mesin Mobil Baru Dinyalakan

Hariannusantara.comSebelum digunakan jalan, biasanya dalam waktu singkat pemilik mobil akan menyalakan mesin terlebih dahulu. Tapi suasana akan berubah, jika dalam proses pemanasan mobil tiba-tiba muncul bau hangus dari ruang mesin tanpa keluar asap. Lantas, apa yang terjadi?

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, faktor yang menyebabkan bau hangus dari ruang mesin itu beragam. Ada baiknya, perhatikan terlebih dahulu bau hangus tersebut muncul dari ruang mesin saat baru dinyalakan, atau sudah beberapa menit kemudian. Dia mengatakan, jika ada kebocoran mesin yang membuat oli menetes ke manifold atau air radiator tentu akan menguap dan menimbulkan bau hangus.

“Komponen yang cepat panas saat mesin dinyalakan itu manifold. Jadi, coba periksa daerah manifold apakah ada benda yang tertinggal seperti lap bekas cucian, atau ada tetesan dari kebocoran mesin,” ujarnya seperti dikutip dari laman VIVA, Minggu (16/9/2018).

Selain itu, perhatikan terlebih dahulu bau tersebut muncul setelah AC dinyalakan atau sebelum AC menyala. Hal senada disampaikan servis advisor dari bengkel Honda, Ali. Dia mengatakan, munculnya bau bisa disebabkan dari kebocoran salah satu komponen. Tapi ketika AC dinyalakan timbul bau hangus yang kemungkinan besar datang dari magnetic clutch yang bermasalah.

Loading...

Baca juga:
– Jaguar Land Rover Luncurkan Mobil Pod Pintar Tanpa Pengemudi
– Marah Mobil Diderek Dishub, Ratna Sarumpaet Hubungi Anies Baswedan

“Kalau bau hangus itu muncul setelah AC menyala, jika dipersempit pandangannya, bisa saja dari magnetic clutch, ekstra fan atau komponen pendingin lainnya bermasalah,” tuturnya.